KEGIATAN EKSKUR KIR

16 Januari 2019 Info Umum Admin 88

Siapa sih yang tidak tahu sabun? Setiap hari kita menggunakan sabun dan air sebagai media untuk membersihkan kotoran. Mencuci tangan dengan sabun menjadi bagian penting dalam aktivitas kita, alasannya tangan kita adalah bagian yang paling sering bersentuhan dengan banyaknya kotoran atau kuman. Kebanyakan kotoran yang menempel pada tangan kita berupa lemak atau minyak dan untuk menghilangkannya dari tangan kita digunakanlah sabun untuk menbersihkan tangan.

Sabun adalah formula rahasia yang dapat kamu gunakan untuk mencampurkan air dengan minyak. Pernah mencuci piring? Kalau kamu pernah mencuci piring, pasti kamu tahu kalau kamu tak bisa membersihkan sisa minyak di makanan itu hanya dengan air. Sekeras apapun kamu coba membersihkan, kalau cuma pakai air, minyaknya pasti tetap menempel di piring. Karena itu, kita memakai sabun cuci piring. Dengan sabun, seluruh noda dan minyak di piring dapat kamu bersihkan dengan mudah.

Inilah dia formula rahasianya. Sabun!

KIR SMAN 88 Jakarta dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal   : Senin,12 November 2018

Pukul               : 15.45 – 17.00 WIB

Tempat            : Ruang kelas XI MIA 1

Percobaan       : Reaksi minyak terhadap sabun

Narasumber    : Samuel Mardongan Partogi  (XI IIS 2)

Kegiatan diawali dengan berdoa terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu nasional. Setelah itu semua anggota menyiapkan alat dan bahan untuk melakukan percobaan. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memasukkan air kedalam gelas dengan takaran ¼ gelas. Kedua, masukkan minyak dengan takaran 5 sendok makan. Ketiga, masukkan sabun dengan takaran 5 sendok makan.  Keempat, aduk campuran tersebut dengan sendok. Hasilnya kamu akan melihat bahwa air dan minyak dapat menyatu dengan campuran sabun. Percobaanpun selesai, anggota piket membersihkan ruangan dan kegiatan ditutup dengan membaca doa.


© 2024 SMAN 88 Jakarta. All rights reserved.